Catatan Aenul Yakin

5 Film Box Office Dinyatakan Gagal dan Merugi Besar

1 komentar
film box office bomb
Siapa nih yang tidak pernah dengar namanya film Box Office? Pasti tidak asing lagi kan di telinga kita tentang perfilman tersebut. Banyak loh para penonton menantikan tayangan dari film Box Office karena diketahui kualitas dan adegan dari semua karakter sangat bagus.

Begini lo sobat biasanya ada kata istilah film Box Office Bomb. Istilah ini digunakan sebuah film yang gagal mencapai target penjualan tiket, bahkan hal ini dari pihak produsernya juga dianggap gagal atas mis target dalam perfilman yang dibuat pastinya dapat menyebabkan kerugian finansial.

Ternyata membuat film itu tidak mudah loh sahabat, mereka harus membuat planing dan memantau supaya target dapat tercapai. Selain itu, membuat film penuh dengan resiko dengan kerugian yang sangat besar apabila film tersebut tidak berjalan.

Kebayang gak sobat kalau anggaran untuk membuat film sangat besar, apabila tidak tercapai apa yang diinginkan produser maka akan timbul kerugian yang sangat besar dari anggaran yang dikeluarkan.

Maka tak heran jika kita para penonton film Box Office tayangannya bagus-bagus, ternyata sesuai dengan anggaran yang sangat besar loh sahabat.

Selain itu, ternyata dari semua film Box Office beberapa masuk dalam kategori Box Office Bomb yang dianggap gagal dan merugi besar, bahkan dengan kegagalannya telah mendapatkan komentar pedas dan kritikan dari para penonton.

Lanjut..

Daftar film Box Office Bomb


Lanjut ya sobat, disini saya akan memberikan 5 daftar film yang masuk dalam kategori Box Office Bomb yang menyebabkan penilaian buruk terhadap para penonton film tersebut.

1. Speed Racer


Tahukah kalian kalau film Speed Racer merupakan film mobil balap pada tahun 2008 dengan warna putih ada huruf M yang nempel di badan mobil tersebut. Film ini juga pernah dibuat versi live action.

Pada masanya film ini diproduseri oleh Wachowski bersaudara dan Joel Silver . dalam membuat film tersebut diketahui telah menghabiskan dana sebesar 120 juta dollar yang akan menjadi film keluarga favorit khususnya kesukaan pada anak-anak.

Kebayang gak sobat dana yang telah dipersiapkan untuk membuat flm tersebut sangat banyak, kalau di rupiahkan mungkin sampai triliunan kali ya, waduh uang segitu kalau beli rumah BTN kira-kira dapat berapa yah hehe. Mending pake umroh atau haji kali ya, bakalan bisa bolak balik berkali-kali hik hiks...

Ternyata ada beberapa yang menyebabkan kerugian dari film tersebut yaitu dari semua para aktor tidak diperhatikan oleh produsernya, selain itu tidak memperhatikan soal target penonton.

2. Sahara


Film kali ini merupakan salah satu yang masuk dalam daftar Box Office Bomb. Diketahui film tersebut diproduksi pada tahun 2005 dengan modal atau pengeluaran 160 juta dollar. Tapi sayangnya film ini telah mengalami kerugian yang sangat besar hanya mendapatkan 119 juta dollar.

Film tersebut diangkat dari novel karya Clive Cussler dianggap cukup memiliki potensi bagus dan cocok dijadikan film. Ternyata kegagalan film ini dianggap bermula sulitnya mendapat persetujuan dari Cussler terkait naskah, sehingga mendapatkan kendala selama proses produksi.

3. The 13th Warrior


Dilansir film ini diproduksi pada tahun 1999, film ini juga masuk ke dalam daftar Box Office Bomb. Kalau dilihat dari tahun produksinya ternyata film ini lebih dulu ada dibandingkan kelahiran saya di dunia ini hihihi.. ternyata udah jadul banget ya.

Diketahui film tersebut masuk ke dalam Box Office Bomb karena banyaknya hambatan selama memproduksi film ini mulai dari buruknya respon saat tes screenings, pengambilan gambar ulang, sampai bergantian komposer yang berdampak kebengkakan anggaran produksi mencapai 160 juta dolar yang awalnya hanya 85 juta dollar.

4. Stealth


Film yang satu ini diketahui sangat ambisius, banyak dana yang telah dikeluarkan demi menayangkan film yang bagus dengan menampilkan konsep teknologi mutakhir dengan penggunaan CGI. Namun pada akhirnya film ini gagal dari segi kualitas sehingga mendapatkan profit dari penjualan tiket sebesar 76, 9 juta dollar.

Dengan kerugian yang sangat merosot menyebabkan kekecewaan dan menimbulkan putusnya kerjasama antar sutradara.

5. The Adventures of Pluto Nash


Nasib berkata lain yang dialami oleh para tokoh film ini, The Adventures of Pluto Nash diproduksi pada tahun 2002 ternyata dengan hadirnya film ini justru tidak mengharumkan nama baik mereka, sehingga mereka tidak tahu harus berkata-kata.

Diketahui film ini bercerita tentang petualangan pluto untuk mencari penyebab hancurnya klub malam miliknya. Meskipun genrenya komedi ternyata tidak menimbulkan gelak tawa pada penonton. Jeleknya lagi film ini telah menuai kritikan dan mendapatkan predikat film Box Office Bomb terburuk yang pernah ada hanya mendapatkan keuntungan 7,1 juta dollar dibandingkan pengeluaran sebesar 110 juta dollar.

Tidak semua film dengan biaya besar akan menghasilkan keuntungan yang besar pula. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi kegagalannya. Dari beberapa judul di atas bisa dilihat bahwa kualitas film berpengaruh terhadap penonton.

Kemudian target penonton yang tidak jelas bisa menimbulkan kegagalan film. Biaya besar bukan berarti hasil akan sempurna. Perjuangannya sungguh keras untuk bisa menghasilkan film yang bisa dinikmati banyak orang. Bahkan sampai masuk box office premiere yang tidaklah mudah.

Apalagi sampai ada permasalahan internal pembuatan film yang tersebar luas. Bisa menyebabkan orang malas untuk melihat hasil filmnya. Jadi penonton pun tidak mau dirugikan jika film yang mau ditonton bermasalah.

Bagi teman-teman yang mau menonton film agar tidak mendapatkan kategori box office bomb bisa dilihat dari ulasan orang yang pernah menonton. Dilihat dari teaser filmnya juga bisa membantu dan info terkait film yang akan ditonton.

Sumber : https://www.selipan.com/uncategorized/box-office-bomb-5-film-yang-dianggap-paling-gagal-total-karena-merugi-besar/

Related Posts

1 komentar

  1. wah, baru tahu semua nih saya pak.
    sayang sekali ya kalo harus gagal dan rugi..

    BalasHapus

Posting Komentar