Catatan Aenul Yakin

Blogspedia Coaching Kelas Blog Online Pemula

3 komentar
blogspedia coaching kelas blog online
Hai teman bagaimana kabarnya? Semoga kabar baik yang sekarang teman rasakan. Buat teman yang mengikuti kegiatan blog saya sekarang ini pasti banyak yang tahu kelas yang sedang saya ikuti. Hampir dua bulan saya mengikuti kelas online blog bagi pemula yaitu Blogspedia Coaching yang dibimbing oleh Mba Marita Ningtyas.

Berawal dari tidak tahu ngeblog sampai belajar blog yang tidak hanya posting tulisan saja. Tulisan ini juga masuk dalam salah satu tugas terakhir yang nantinya akan menjadi penentuan apakah lolos atau tidak. Agar teman lebih tahu apa saja yang didapatkan di Blogspedia Coaching, teman harus baca sampai selesai.

Awal Kenal Blogspedia Coaching Kelas Blog


Pertama kenalan dengan kelas online blog ini dari teman online saya. Untuk mendapatkan infonya gampang banget, teman bisa kunjungi akun instagram @blogspedia atau @maritaningtyas. Nantinya akan ada informasi yang harus dilakukan sebagai syarat untuk bisa bergabung jadi peserta di Blogspedia.

Tentang Blogspedia Coaching Batch 2


Blogspedia merupakan kelas yang diperuntukan bagi orang-orang yang baru belajar ngeblog. Bagi teman yang masih pemula banget sangat cocok masuk kelas blogger ini. Ruang belajarnya menggunakan media grup Whatsapp dan google classroom.

Materi untuk Blogger Pemula


Materi yang didapatkan bagi blogger pemula dari sebelum membuat blog sampai isi konten blog. Kita harus belajar adab sebagai orang yang menuntut ilmu, dalam berkomunitas, dan dalam sebuah event.

Belajar tentang alasan dan tujuan membuat blog. Tentang fitur-fitur dasar blog, mengedit template, mengganti template sendiri, membeli dan memasang domain sendiri, sampai bagaimana membuat tulisan yang banyak diminati oleh pembaca.

Materinya lengkap untuk blogger pemula. Mba Marita dalam membimbing kita yang masih pemula dengan sabar, teliti, dan perhatian banget. Pokoknya jika jangan malu untuk bertanya. Karena tidak bertanya maka sesat di jalan hehe.

Kesan Terhadap Teman-Teman


Teman-teman di kelas ini menurut saya saling membantu, rajin, semangat, dan aktif. Bahkan mereka adalah orang-orang yang aktif di dunia nyata tapi tetap menyempatkan diri untuk belajar ngeblog.

Mulai dari ibu rumah tangga, ada yang sambil bekerja sampingan, dokter anak, dosen, dan sibuk di pekerjaannya masing-masing. Yang masih muda pun ada, ada yang baru kuliah. Latar belakang yang berbeda menjadi satu karena ingin sama-sama bisa ngeblog yang sebenarnya.

Bahkan ada teman yang sudah lama belajar ngeblognya tapi belum tahu ilmu perblogan yang sekarnag. Mereka tidak malu untuk belajar bersama kita yang masih awam banget. Saya sendiri pun merasa senang sekali bisa mengikuti kelas ini. Karena teman-teman saling mendukung.

Tantangan Mengikuti Kelas Blogspedia


Dimana pun belajar tidak ada yang gampang sekali. Pasti ada hal-hal yang membuat otak harus berpikir keras. Atau merasa tidak mampu menjalankannya. Termasuk di kelas Blogspedia, banyak tantangan yang harus saya hadapi.

Pertama pertama kalinya menulis panjang kali lebar minimal 800 kata. Untuk menulis sepanjang itu terkadang saya kebingungan harus mengembangkannya seperti apa. Belum lagi bingung mencari tema yang harus ditulis. Berkat kelas ini akhirnya saya bisa menulis 800 kata bahkan ada yang lebih


Kedua, ketika harus membeli nama blog yang TLD alias beli domain. Itu membuat saya was-was ketika membeli di penyedia domain. Takut salah pencet dan lainnya. Belum lagi waktu memasang domain di blog agar bisa menjadi alamat blog saya. Itu juga ada kesalahan yang membuat saya kebingungan. Untungnya Mba Marita sabar membantu.

Ketiga, tantangan ODOP di pekan terakhir belajar di Blogspedia. Ini masya Allah banget, karena harus bisa menulis sehari minimal 800 kata dengan tema yang berbeda-beda. Menurut saya ini lumayan berat tapi tetap saya kerjaan hehee. Akhirnya saya berusaha untuk maksimal mengerjakannya.

Hal yang Didapatkan di Kelas


Pertama yang didapatkan pastinya materi yang sangat bermanfaat untuk blogger pemula. Kedua, mengajarkan kita untuk konsisten untuk unggah tulisan terbaru di blog. Ketiga, belajar menentukan goal yang ingin dicapai dan rencana yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Keempat, mendapatkan teman-teman yang super keren.

Coach Marita Ningtyas


Mba Marita Ningtyas adalah seorang mom blogger yang berdomisili di Semarang. Orangnya rajin memberikan kelas online tentang blog bagi pemula tanpa ada biaya alias gratis. Sabar dalam memberikan materi dan menjelaskan sampai detail.

Seorang ibu rumah tangga yang mengasuh dua anak putra dan putri. Yang mendedikasikan hidupnya menjadi ibu rumah tangga yang produktif. Aktif belajar dan mengajarkan untuk orang lain. Yang selalu memberikan semangat kepada teman-teman untuk menjadi blogger yang lebih baik.

Mba Marita adalah orang yang memiliki ketegasan sekaligus kelembutan. Dengan ketegasannya membuat kita terpacu untuk belajar dan menyelesaikan tugas yang diberikan. Orangnya juga diajak diskusi asyik banget.

Itulah kesan saya terhadap Coach Marita. Semoga tenaga dan waktunya yang didedikasikan untuk kelas Blogspedia menjadi keberkahan. Sehat selalu dan terus menyebarkan ilmu yang bermanfaat.

Itulah sekelumit tentang Blogspedia Coaching Batch 2 yang diarahkan oleh Mba Marita Ningtyas. Kenapa saya bilang sekelumit? Karena banyak banget ilmu yang didapatkan di kelas ini. Tidak hanya tentang blog tapi ilmu lainnya yang tanpa sengaja disharingkan dalam grup. Diskusi di luar blog dari teman-teman juga seru. Tidak terasa keseruan belajar ini akan berakhir. Doakan semoga lolos sehingga tidak berhenti di sini keseruannya. Karena nantinya akan ada grup khusus alumni kelas Blogspedia bersama angkatan sebelumnya. Semoga sehat semuanya dan tetap seru.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

3 komentar

  1. aamiin.. semoga kita semua lulus ya, pak. biar semangat terus ngeblog-nya :D

    BalasHapus
  2. Sukses buat pa aenul,,, senang bisa berkenalan dengan pa ainul, ...

    BalasHapus
  3. Mas Aenul keren juga euy bagi waktunya, padahal masih harus nulis buat media juga kan yaa...? Hebat bisa sampai akhir...

    BalasHapus

Posting Komentar