Catatan Aenul Yakin

Tips Mencegah Kanker Payudara, Wanita Harus Tahu Ini!

3 komentar
Tips mencegah kanker payudara

Tahukah Anda kalau kanker payudara merupakan penyakit terbesar yang dialami oleh wanita?. Mungkin sebagian sudah tau kalau penyakit kanker tersebut sangat ganas pada tubuh seseorang khususnya pada wanita di bagian payudara. Tips mencegah kanker payudara yang bisa dilakukan oleh perempuan.

Sebaiknya Anda (wanita) harus waspada dengan dengan penyakit tersebut , karena tidak bisa dianggap remeh. Kanker bukan penyakit biasa dengan adanya obat dan mudah untuk disembuhkan. Akan tetapi mengobatinya tentu dengan operasi, nah pasti budget gak murah bukan?, sembuh juga kan belum tentu hehe.

Para dokter juga mengklaim kalau kanker sangat sulit untuk disembuhkan khususnya kanker payudara yang dialami oleh wanita. Bahkan dengan pencegahan pun tidak dapat dilakukan dengan secara instan.

Namun masih ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegahnya, Mungkin sebagian wanita melalaikan cara yang satu ini, sebagian besar menganggap bahwa cara ini ampuh untuk menghindari penyakit yang mematikan ini. Mau tau? Hehe yaitu perubahan gaya hidup.

Nah perubahan gaya hidup ini bukan saja dilakukan oleh wanita aja loh, tapi semua orang dapat melakukannya terutama bagi yang memiliki faktor dari resiko kanker payudara tersebut.

Lalu kalau yang sudah terkena gimana?, lah.. sebaiknya begitu tetap dilakukan supaya meningkatkan kualitas dan harapan hidup sehingga dapat membantu menjaga kondisi agar tetap fit selama pengobatan kanker payudara.

Maka dari itu, disini saya mau ngasih tau tips mencegah kanker payudara, mungkin dapat bermanfaat untuk orang lain khususnya pada wanita.

9 Tips Mencegah Kanker Payudara yang Perlu Diketahui


Banyak orang mengeluh karena kanker payudara sangat sulit disembuhkan sehingga banyak memakan korban. Bahkan sudah berbagai cara dilakukannya untuk menghindari kanker payudara tersebut.

Nah disini perlu saya luruskan, yang namanya penyakit tentu semua orang tidak menginginkannya, namun semua atas kehendak tuhan. Allah lah yang memberi penyakit dan memberi kesehatan. Namun bukan berarti tuhan jahat dan disalahkan. Tapi harus sadar diri karena diri sendirilah tidak bisa menjaga gaya hidup sehingga timbul penyakit dalam tubuh.

Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit tersebut di antaranya adalah:

1. Lakukanlah Deteksi Dini


Bagi anda yang memiliki riwayat kanker payudara keluarga, sebaiknya lakukan tindakan ini. Karena ini sangatlah penting untuk kesehatan tubuh khususnya pada payudara. Adapun langkah yang dapat dilakukan untuk mecegah kanker payudara berdasarkan WHO:

  • Lakukan diagnosis dini yang merasakan gejala awal kanker payudara, lakukanlah perawatan sedini mungkin.
  • Lakukan skrining bagi yang tidak merasakan gejala apapun untuk mengidentifikasi diri dengan kanker payudara.

2. Pengobatan Segera Jika Terindikasi


Apabila anda memiliki risiko tinggi terhadap kanker payudara sebaiknya lakukan ini sebagai cara pengobatan kanker tersebut. Namun sebelum lakukan ini alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter apakah anda perlu menjalani pengobatan untuk menghindari kanker payudara atau tidak.

Pengobatannya seperti berikut ini:

  • Raloxifene , obat ini biasanya dapat diberikan kepada wanita yang sudah melewati masa menopause. Tamoxifen dapat diberikan pada wanita yang belum masa menopause. Kedua obat tersebut dapat memblokir aksi estrogen dalam jaringan payudara.
  • Mastektomi profilaksis atau operasi guna mencegah kanker payudara terutama pada wanita yang memiliki risiko tinggi terkena penyakit tersebut

3. Kurangi Stres


Bagi yang belum tau nih, stres dapat menimbulkan kanker khususnya kanker payudara pada wanita. Sebaiknya hindarilah sesuatu yang dapat menyebabkan anda stres karena akan memperburuk kesehatan pada tubuh termasuk penderita kanker payudara.

4. Istirahatlah yang Cukup


Istirahat yang cukup salah satu cara untuk menjaga diri dari risiko penyakit, sekalipun cara yang satu ini tidak dapat mencegah kanker payudara, namun untuk menghindari gejala awal ini merupakan langkah yang tepat.

5. Hindari Konsumsi Pil KB


Pada kondisi tertentu sebaiknya jangan anda abaikan cara yang satu ini, hindari konsumsi pil KB. Penggunaan pil KB dapat meningkatkan risiko mengalami kanker payudara pada wanita. Namun ini berlaku untuk umur di atas 35 tahun. Bagi anda yang berumur di atas yang telah disebutkan, sebaiknya hentikan. Karena ada cara lain untuk mencegah kehamilan yaitu memilih alat kontrasepsi atau konsultasi ke dokter.

6. Menyusui setelah Melahirkan


Mungkin anda bertanya, Apakah benar? Iya benar, memberikan ASI pada anak bukan hanya memberikan keuntungan pada si anaknya, tapi juga dapat menghindari dari risiko kanker payudara. Hal ini berlaku apabila seorang ibu memberikan ASI dalam satu tahun atau lebih.

7. Hindari Rokok


Mungkin anda yang belum terbiasa mendengar kalau rokok dapat menimbulkan kanker payudara khususnya pada wanita. Loh kok wanita, wanita kan tidak merokok?, mmm.. siapa bilang wanita tidak pernah merokok, diluar sana sebagian wanita telah konsumsi rokok layaknya laki-laki. Anda perlu hati-hati karena sudah terbukti rokok tersebut dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit khususnya kanker payudara terutama pada wanita premenopause.

olahraga rutin, hindari rokok, makanan sehat

8. Olahraga Secara Konsisten


Bagi kita nih yang masih malas-malasan untuk berolahraga, sebaiknya dilakukan guna bukan hanya meningkatkan kebugaran, tapi juga menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari risiko pada penyakit. Selain itu dengan berolahraga dapat membantu untuk menjaga berat badan tetap ideal, apabila memiliki berat badan lebih atau dikenal dengan obesitas, ini dapat meningkatkan risiko pada kanker payudara.

9. Konsumsi Makanan Bergizi


Menjaga pola merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh, lebih-lebih dapat menghindarkan diri dari risiko kanker payudara. Namun ada beberapa makanan yang sebaiknya anda konsumsi dan anda hindari seperti:

  • Boleh dikonsumsi: sayuran, buahan, biji-bijian, makanan yang berserat tinggi, lemak baik, protein kadar lemak jenuh rendah dan karbohidrat.
  • Tidak boleh dikonsumsi: gula tinggi, lemak jahat dan zat berbahaya lainnya apabila dikonsumsi berlebihan.

Semoga dengan tips mencegah kanker payudara di atas bisa membantu para perempuan terhindar dari penyakit ini. Lebih baik melakukan pencegahan sebelum terjadi.

Related Posts

3 komentar

  1. Wah, informasi yg penting sekali ini khususnya buat wanita.. Terima kasih informasinya 🙏

    BalasHapus
  2. Terjma kasih mas, ini informasi yang snagat berharga buat oara moms. Ss.oga makin banyak yang menyadari salah satu manfaat memberi asi ekslusif.

    BalasHapus
  3. Wah keren mas. Penting banget untuk para wanita aware dg penyakit ini ya. Bermanfaat sekali. Terima kasih, mas..

    BalasHapus

Posting Komentar