Catatan Aenul Yakin

Google Analytics untuk Blogger

Posting Komentar
Tidak terasa belajar di Blogspedia Coaching Batch 2 sampai belajar tentang Google Analytics. Sebagai calon blogger yang profesional harus memiliki fitur tambahan dari google untuk mengecek kegiatan blog lewat Google Analytics. Aku yang masih pemula sungguh dibuat kebingungan. Sebenarnya ini jenis fitur apa? Biar nggak bingung sendirian makanya aku ajak teman untuk yuk belajar bareng aku.

Tentang Google Analytics (GA) dan Manfaatnya


Apa itu Google Analytics? Kenapa harus banget ada untuk blogger? GA adalah fitur yang disediakan oleh google secara gratis untuk melihat traffic pengunjung ke blogger, situs web, atau platform.

Adanya GA ini memberikan manfaat untuk blogger seperti:

  • Untuk melihat jumlah pengunjung blog dengan data yang akurat sesuai real-time
  • Untuk melacak konten mana yang paling banyak disukai pengunjung
  • Melihat konten mana yang seharusnya tidak diproduksi.
  • Untuk mendapatkan laporan kinerja blog terutama kecepatan mobile maupun loading halaman.
  • Sebagai bahan untuk membuat konten baru yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung.
  • Mengetahui dari mana saja pengunjung blog berada.

Cara Mengaktifkan Google Analytics


Untuk mengaktifkan GA kita perlu mengunjungi website google analytics. Kemudian masuk menggunakan email yang aktif. Untuk mengaktifkan GA harus jeli, karena salah tahapan saja akan menggagalkan properti GA.

Kemudian kita akan diarahkan untuk membuat akun dengan nama bebas. Boleh nama kita atau nama blog. Selanjutnya pilih properti web yang nantinya untuk url blog kita. Nanti kita akan mendapatkan ID yang harus dipasang di dasbor blog kita. Cari saja di setelan blog akan menemukan menu ID property google analytics. Simpan ID kotak bawahnya saja.

Fitur GA yang Sering Digunakan


Related Posts

Posting Komentar