Catatan Aenul Yakin

Review Samsung Galaxy A10s, Bersaing Ketat dengan Merek Lain di Masanya!

5 komentar
Merek hp terkenal
Nggak terasa ya sudah setahun lebih saya memiliki Samsung Galaxy A10s. Padahal dulu saya tidak pernah memiliki niat untuk membeli series ini, karena melihat ada merek lain yang lebih elegan serta tampilan yang amoled. Review Samsung Galaxy A10s yang saya miliki.

Namun seiring waktu, perkembangan teknologi di tanah air sangatlah cepat sehingga produk-produk luar negeri yang masuk indonesia terealisasi dengan singkat. Salah satu kemajuan teknologi perkembangannya sangat cepat adalah Handphone bermerek Samsung Galaxy A10s.

Sekalipun di pasar kalangan bawah dibilang ketat dibandingkan di seri premiumnya. Sehingga updatenya Samsung dapat membekali ponsel yang mampu bersaing dengan merek lainnya.

Merek Samsung Galaxy A10s tersebut pada masanya bersaing ketat dengan merek-merek lainnya, bahkan kalau dilihat perbandingan dari spesifikasi semua merek tentu tidak jauh berbeda. Hanya saja perbandingan harga lah yang membuatnya berbeda.

Baik, disini saya mau kasih tau kenapa sampai saat ini saya harus menggunakan Handphone Samsung dibandingkan merek-merek lainnya. Padahal dari segi waktu rilis sama seperti Vivo, Xiaomi, Realme, Asus dan lain-lain.

Ada kelebihan dan kekurangan masing-masing dari setiap merek Handphone yang saya sebutkan diatas, namun Samsung yang menjadi prioritas karena lebih tahan lama dan sistem operasinya lebih sederhana.

Kalau dilihat dari sisi baterai, kamera, chipset, CPU, GPU dan keamanan membuatnya mampu menyamai kualitas dari ponsel bermerek lainnya. Sehingga ini alasan untuk memilikinya.

Sekalipun dari segi desainnya yang simple dan tidak istimewa, tapi dengan casing yang berbahan plastik glossy yang terlihat mengkilat akan membuat mata terpesona ingin memilikinya hehe.

Kalau dari segi layar, dari semua Samsung tidak jauh berbeda dari yang sebelumnya misalnya A10, yah walaupun pembaharuannya tidak banyak namun tetap memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi penggunanya.

Okay, mungkin ada yang belum tau tentang informasi Samsung Galaxy A10s, tenang... disini saya akan ulas lebih lanjut tentang fitur, kinerja dan baterai dari ponsel bermerek tersebut

Review Samsung Galaxy A10s


review samsung galaxy A10s

Fitur-Fitur Galaxy A10s


Pasti kalian belum tau tentang fitur-fitur Samsung Galaxy A10s ini. Hayoo sudah tau apa belum. Kalau belum silahkan beli biar gak bikin penasaran kan hehe. Saya bercanda.

Oke lanjut mengenai fitur dari ponsel tersebut telah dibangun dari sistem operasi Android 9. Lebihnya lagi ber status “Piee” dengan antar mukanya OneUI yang dapat ditemukan di flagship Samsung loh.

Mungkin ada yang bertanya OneUI itu apa, yaa?, OneUI itu adalah antarmuka yang menarik dengan interface dibuat untuk penggunaan satu tangan.

Ada juga Bixby yang dihadirkan sebagai pusat informasi dari ponsel tersebut. Namun banyak pengguna dari ponsel tersebut yang belum dapat memaksimalkan fitur ini.

Ponsel Samsung untuk seri A juga dikenal semua orang terkesan mewah, namun kemewahannya tidak sebanding dengan harga jualnya. Artinya harga jual Samsung seri A tersebut dapat dijangkau oleh pembeli. Yaa.. sekitar 1 Jutaan.

Sebelum munculnya seri terbaru A10s pada masa itu, seri A10 ternyata banyak yang mengeluhkan ketiadaan dari sensor fingerprint yang membuat ponsel tersebut terlihat tidak mewah. Sehingga keluarlah desain baru yang dapat mengobati keluh kesah dari semua orang yaitu seri A10s. Pengembang ponsel tersebut mencoba untuk memproses pengenalan dari fingerprint atau sidik jari yang sangat cepat tanpa membutuhkan kendala ponsel Galaxy yang berada di atas kelasnya.

Itulah fitur-fitur tambahan yang dikembangkan oleh Samsung untuk menunjang perkembangan pasar dan bersaing ketat dengan yang lainnya.

Gimana. Walaupun waktu viralnya sudah usai, sekalipun ada updatean terbaru dari Samsung, namun bagi saya A10s tetap nyaman dipakai bahkan sekarang sudah turun harga loh.

Kinerja Handphone

tampilan samsung galaxy
pict by instagram @samsungIndonesia

Terkadang pengguna Samsung tidak tau informasi tentang sistem kinerja dari ponsel tersebut, bahkan kebanyakan pembeli hanya memiliki prinsip memakai saja, ya.. kalau sudah beli kan enteng dan tinggal pakai kan begitu. Hik hik..

Begitu pentingnya mencari tahu informasi terkait ponsel yang akan dibeli supaya tidak rugi di kemudian hari. kalau rugi kan harus ditanggung sendiri hehe.

Baik, perkembangan kinerja dari Samsung mulai dari penghematan daya terus dilanjutkan di bagian CPU nya. Walaupun antara tipe A10s dan A10 sama-sama menggunakan prosesor octa-core. Namun kelebihan yang dimiliki oleh A10s dalam kapasitas corenya jauh lebih bagus dan tujuannya lebih baik.

Samsung Galaxy A10s core yang digunakan adalah 4 yang memiliki tenaga 1,65 GHz untuk mengoperasikan fungsi normalnya. Sedangkan untuk A10 core yang digunakan adalah 6 yang memiliki tenaga 1,35GHz dengan fungsi yang sama. Sehingga disini ada sisa 4 core lagi yang memiliki daya dorong 2 GHz untuk kick start dari berbagai aplikasi dengan lebih cepat. Untuk hardware untuk mendukung kinerja dari ponsel Samsung sudah tergolong sama. Namun, A10s dikatakan lebih smart 40% dibandingkan pendahulunya.

Baterai Samsung Galaxy A10s


Terkadang sebagian besar pengguna ponsel mengeluh karena baterai yang cepat habis karena kapasitasnya yang cukup rendah. Gak kebayang pengguna ponsel yang memiliki kapasitas baterai rendah bepergian, sudah susah-susah ngecas 3 jam sebelum berangkat, eh pas dijalan tiba-tiba low, kan bikin gigit jari hehehe.

Mungkin saat-saat ini rata-rata kapasitas ponsel baterainya tinggi, ya sekalipun masih ada, mungkin saja yang masih KW seperti ponsel China kayak Mito, Polytron dan entah apalah namanya.

Termasuk Samsung A10s kapasitas baterainya sudah mencapai 4000mAh. Sebelumnya hanya 3400mAh, berarti hanya nambah hanya beberapa persen saja. Sekalipun begitu, nampak cukup besar bagi penggunanya sehingga sampai 4 jam. Selain itu, ketika mengecas mampu mengaliri listrik dengan tegangan 5 Volt sehingga proses pengisian baterai tidak begitu lama.

Oleh karena itulah alasan kenapa harus memilih Samsung A10s, karena menjadi andalan terbaru di kelas entry dengan harga yang terjangkau sekitar 1 jutaan lebih dengan fitur-fitur yang tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, bahkan dengan dual kamera live focus, tambahan fingerprint dan kapasitas baterai yang cukup besar 4000mAh.

Kesimpulan dari review Samsung A10s, saya sangat nyaman dengan series Samsung ini. Merek yang banyak penggunanya di Indonesia dan di dunia.

Related Posts

5 komentar

  1. Benar mbak. Akupun baru paham memilih gadget sesuai kebutuhN ya pas kerja. Jadi kalau bisa pilih yang sesuai kebutuhan. Untuk samsung A10s ini speknya lumayan jug yak.
    T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh maaf, kok mbak yak manggilnya. Kakak maksudnya. 😅

      Hapus
  2. Dan aku masih setia sama blackberry... Aku kini pake blackberry keytwo. Dan nulis pun lancar

    BalasHapus
  3. Aku gak pernah kesampean punya HP samsung wkwkwk.

    BalasHapus
  4. Setiap produk memiliki fitur yang membuat penggemarnya jatuh hati. Dulu termasuk fans Samsung, seiring waktu mencoba suasana baru.

    BalasHapus

Posting Komentar