Catatan Aenul Yakin

Destinasi Desa Wisata Sembalun Lombok Indonesia

destinasi wisata desa sembalun
Desa wisata Sembalun Lombok terletak di Kabupaten Lombok Timur lebih tepatnya di kawasan Gunung Rinjani. Desa Sembalun merupakan destinasi favorit untuk orang NTB dan dari seluruh Indonesia yang ingin mendaki gunung Rinjani.

Sebelum mendaki gunung Rinjani bisa menikmati keindahan kawasan kaki gunungnya. Salah satunya desa Sembalun dan wisata alam lainnya yang pastinya memanjakan mata. Sebaran kandungan vulkanik Rinjani yang tersebar ini menyebabkan tanah yang subur. Persawahan dan hutan yang hijau menyebar di kaki Rinjani sebagai salah satu pemandangan indah.

Untuk memasuki desa Sembalun tidak ada tiket masuk. Biaya-biaya yang diperlukan untuk moda transportasi, penginapan, dan spot khusus wisata yang akan dikunjungi.

5 Destinasi Desa Wisata Sembalun Lombok


Perjalanan untuk sampai Sembalun jika dari kota Mataram membutuhkan waktu tiga jam dengan jarak 110 km. Jika dari Bandara Internasional Lombok(BIL) sekitar dua jam. Sebelum pergi ke sana perlu untuk menyewa mobil agar sampai lokasi. Di Lombok moda transportasinya jarak tempuhnya tidaklah jauh. Sehingga untuk bepergian lebih baik menyewa kendaraan.

Untuk penginapan di desa Sembalun sudah banyak. Baik yang modern maupun tradisional. Sayangnya selama pandemi sedang sepi sekali. Banyaknya penginapan karena wisatawan yang berkunjung tidak hanya dari Indonesia, namun dari luar negeri. Orang-orang yang memang menyukai pendakian atau ingin menantang diri menaklukan gunung Rinjani.

Desa sembalun sektor utamanya wisata alam yang saling terhubung dengan wisata lainnya. Apalagi banyak bukit-bukit kawasan Rinjani yang memang indah untuk dikunjungi. Area persawahan di desa Sembalun yang membentang luas sangat indah dilihat dari atas bukit.

Beberapa destinasi wisata desa Sembalun yang pernah saya kunjungi. Juga destinasi yang sering dikunjungi orang untuk menikmati indahnya kawasan bukit gunung Rinjani.

1. Kebun Strawberry Desa Sembalun


Cuaca yang dingin meski siang hari di desa Sembalun sehingga cocok untuk ditanami tanaman yang khusus di daerah dingin yaitu kebun strawberry. Banyak kebun sayuran hijau, wortel, bawang putih jumbo, alpukat, apel, dan lain-lain. Sebagai pemasok bahan utama pangan di Lombok.
 pict by instagram @lomboksembalun
Kebun yang memikat wisatawan adalah kebun strawberry. Buah berwarna merah yang rasanya manis ini menjadi favorit pengunjung. Musim panen strawberry akan padat pengunjung untuk merasakan memetiknya secara langsung. Berkunjunglah di bulan Juli dan Agustus untuk menikmatinya.

Untuk biaya masuk tidak ada, pengunjung akan dikenakan biaya jika memetik strawberry dan dihitung berdasarkan berat hasil petik. Jika ingin berfoto-foto saja tidak perlu mengeluarkan biaya. Hanya meminta izin terlebih dahulu.

2. Rumah Adat Belek Sasak Sembalun & Budaya


Di Sembalun masih menyimpan rumah adat Lombok yaitu sasak. Suku sasak merupakan suku yang ada di Lombok. Berwisata sambil melihat secara langsung budaya asli Lombok. Jika beruntung biasanya ada kegiatan budaya sasak yang bisa dilihat.

Rumah adat beleq sasak merupakan rumah asli tertua yang ada di desa Sembalun. Terdapat tujuh buah rumah adat, tujuh tangga masuk, dan tujuh para (tempat penyimpanan barang), dan dua buah lumbung untuk menyimpan hasil panen.

rumah adat sasak beleq
pict instagram @lomboksembalun
Nama kegiatanya Upacara Adat Ngayu-ayu, acara adat yang sering dilakukan tiga tahun sekali dalam rangka rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Sang Pemilik Alam. Ritualnya dari mengumpulkan air suci dari 12 mata air.

Dalam upacara ini menampilkan tari tandang mendeut yang diadakan di malam hari di salah satu rumah adat Sembalun. Dan rangkaian ritual lainnya yang hanya bisa dinikmati selama tiga tahun sekali.

Tidak ada biaya masuk untuk melihat rumah adat sasak dan budaya sasak. Sekali lagi agar bisa melihat upacara syukurnya harus sering update informasi.

3. Bukit Spot Paralayang Sembalun


Untuk menikmati wisata Paralayang ada beberapa bukit yang bisa digunakan. Biaya yang diperlukan sekitar 1,5 juta sampai 2,5 juta tergantung wilayah bukitnya untuk spot paralayang. Memang biayanya cukup mahal dikarenakan perlu menyewa peralatan, membayar instruktur, moda transportasi dll. Caranya cukup mudah dengan mencari agen paralayang di desa Sembalun.

pict by instagram @lomboksembalun
Ada bukit Lawang, bukit Telaga, bukit Pergasingan, dan gunung Rinjani. Pemandangan yang dilihat dari kegiatan paralayang antara lain persawahan Sembalun, savana, hutan, dan segara anak. Jangan khawatir jika terjadi sesuatu karena sudah ada asuransi keselamatannya.

Jika tidak ingin melakukan paralayang bukit- bukit tersebut bisa dinikmati untuk melihat keindahan kawasan Rinjani. Juga untuk menikmati sunrise di pagi hari. Banyak wisatawan lokal yang sengaja menyewa tenda untuk menikmati matahari terbit.

4. Destinasi Air Terjun Sembalun


Ada beberapa air terjun yang bisa dinikmati yaitu air terjun Umar Maya dan Mangku Sakti. Air terjun Mangku Sakti yang tidak terlalu tinggi ini biasanya sebagati tempat prawedding. Danau bawahnya juga aman untuk berendam air asli pegunungan. Bersama teman atau pun keluarga sangat mengasyikan. Mandi di tengah alam terbuka. Untuk tiketnya Rp5.000 sebelum pandemi menyerbu.

Sedangkan air terjun Umar Maya dengan tinggi airnya 6 m dan warna danuanya biru keputihan yang mengandung belerang. Untuk bisa mencapai destinasi air terjun perlu menyewa sepeda motor di masyarakat. Letaknya ada di sekitar desa Sembalun.

5. Bukit Selong Sembalun


Bukit Selong Sembalun menawarkan pengunjung untuk bisa melihat kawasan Sembalun dan lereng Rinjani secara luas. Difasilitasi dengan gardu pandang yang sering digunakan wisatawan untuk mengambil foto.

Akan semakin indah jika berkunjung di pagi hari atau sore hari. Jika sore hari maka akan terpukau dengan warna jingga matahari. Tiket yang ditawarkan cukup murah.

Memang tempat wisata di Sembalun cukup terjangkau. Namun biaya transportasinya yang perlu diberi ekstra, karena untuk menikmati satu spot wisata ke lainnya memerlukan kendaraan. Semua akan dibayar dengan kemegahan alam ciptaan Tuhan. Destinasi wisata desa Sembalun Lombok lebih banyak menawarkan wisata bukit yang sungguh indahnya.

Related Posts

Posting Komentar