Catatan Aenul Yakin

Tips Agar Suara Jadi Bagus dan Merdu

Posting Komentar
agar suara jadi bagus
Apakah kamu sudah punya hobi bernyanyi?, luar biasa banget pasti kamu memiliki suara yang merdu dan bagus banget, bener kan? Atau mungkin ada yang suka nyanyi tapi kurang PD ngeluarin suara yang pas-pasan dan fals kata orang-orang hehe. Tenang, semua bisa kok suara jadi merdu dan bagus layaknya penyanyi terkenal seperti Afgan, Rossa atau Melly Goeslaw.

Nah disini saya akan berbagi tips supaya menjadi lebih percaya diri nih agar kita bareng-bareng nyanyi yah hehe.

Okey sebelum lanjut, saya berbagi sedikit cerita nih terkait bikin suara bagus dan merdu, eit dah bukan berarti suara saya layaknya penyanyi terkenal ya, sama kok dengan kalian pas-pasan juga, suara masih ngelontar ngelantur. Saya coba cari sana sini gimana caranya supaya suara menjadi lebih merdu dan gak serak-serak ternyata gak nemu-nemu. Eh ternyata saya coba sharing ke google ada beberapa yang saya temukan cara untuk membuat suara menjadi kece namun ada beberapa juga gak bisa saya ambil begitu aja. Saya coba amalkan tiap hari ternyata mujarab juga hehe. Tapi pernah beberapa hari gak mengamalkannya eh ternyata suara kembali goyah dan terasa ada yang ganjal. Saya coba kembali ternyata suara kembali normal hehe. Mau tau gak rahasianya? Rahasianya ada di bawah ini nih.

1. Jaga Pola Makan Sehat


Siapa nih yang suka makan ngasal-ngasalan, hayo.. sebenarnya gak apa-apa sih makan apa aja sesuai kesukaan kita kan?, tapi ingat kamu ingin menjadi penyanyi loh, harus jaga-jaga supaya ketika bersuara menjadi lebih percaya diri.

Apalagi bagi kamu yang suka nyanyi di cafe misalnya, atau ingin menjadi qori-qoriah, sebaiknya makanan perlu dipilah-pilah, jangan ngasal-ngasalan takutnya pas nyanyi di pertengahan suara ada yang nyangkut di tenggorokan.

Ini nih yang coba kamu hindari, hindari jenis makanan yang mengandung banyak minyak dan santan. Serta hidari nih minum es karena konstan dapat merusak suara loh. Coba deh kamu konsumsi buah-buahan yang segar tuh lebih bagus dan alami.

2. Banyak Konsumsi Air Putih


Nah ini nih yang saya maksud sobat, amalan yang biasa saya lakukan untuk membuat suara jadi ampuh dan merdu. Barangkali masih ada yang anggap remeh air putih dikiranya hanya sekedar mengatasi rasa dahaga saja. Etz jangan salah, ternyata air putih punya beberapa manfaat loh bagi tubuh kita. Bukan hanya membuat suara jadi merdu, tapi juga dapat dijadikan sebagai zat pelarut dalam tubuh.

Sangat cocok bagi kamu yang ingin mengamalkannya, usahakan minum air putih tidak kurang dari 8 gelas sehari. Dengan minum air putih dengan cukup dapat membuat pita suara lebih terjaga.

3. Minum ramuan


Ini dia tips selanjutnya yang dapat kamu amalkan demi menjaga suara kamu tetap oke dan merdu yaitu minum ramuan.

Tau gak ramuannya apa?, pastinya ramuan yang terbuat dari bahan-bahan alami ya sobat seperti dari campuran jeruk nipis, madu, kapur sirih dan garam. Ada yang pernah coba bikin gak? Belum kan, pantesan suara masih ngelantur hik hik.

Caranya begini nih, ambil air perasan jeruk nipis, lalu dicampur dengan madu dan tambahkan sedikit kapur sirih serta garam. Selanjutnya kamu tinggal minum ramuan ini dengan rutin bahkan bisa kamu amalkan juga loh supaya suaramu tetap terjaga.

4. Melatih pernapasan


Biasanya banyak dari kita belum tau tips yang satu ini, padahal kalau dicoba terus menerus ini dapat membuat suara makin bagus loh. Cara ini tidak perlu bayar loh sobat kamu cukup memanfaatkan nafas yang sudah diberikan oleh tuhan untuk kesehatan tubuh kita semua. Nah dengan melatih pernafasan membuat suara kamu semakin baik dan prima.

5. Hindari Minum Alkohol & Soda


Terlalu banyak meminum alkohol maupun yang bersoda itu tidak bagus untuk tenggorokan dan pita suara. Selain menimbulkan suara yang tidak bagus juga memberikan efek yang merusak tubuh.

6. Hindari Merokok


Kandungan yang terdapat dalam rokok bisa menyebabkan suara menjadi serak. Karena pita suara lama kelamaan akan terjadi pembengkakan. Jika ingin serius membuat suara jadi lebih bagus maka hentikanlah merokok.

7. Jangan Gunakan Obat Kumur Beralkohol


Ada beberapa obat kumur dari bahan alkohol. Meski kandungannya lebih sedikit dari minuman alkohol tapi tetap saja tidak bagus untuk pita suara. Karena bisa menimbulkan iritasi sehingga suara yang dihasilkan tidak bagus.

Pembiasaan tips di atas tidak bisa hanya dilakukan dalam rentang waktu sebentar. Apalagi yang sudah memiliki kecanduan minuman atau merokok. Itu perlu penanganan yang tidaklah mudah. Jika memiliki kemauan yang keras, pastinya bisa melewati semuanya. Dan konsisten hidup sehat untuk menjaga pita suara juga penting.

Agar bisa menjaga konsisten dengan cara meminta dukungan dari orang sekitar. Hal ini akan memberikan dampak yang lebih positif. Bisa juga mendapatkan trainer khusus yang bisa membimbing perawatan dan cara untuk bisa memiliki suara bagus. Memiliki support system itu sangat baik untuk perkembangan.

Jadi buat teman-teman yang ingin memiliki suara indah bisa lakukan tips di atas. Keindahan suara sangat dibutuhkan orang-orang yang ingin menjadi penyanyi, penyiar radio, MC, atau kegiatan lain yang mengharuskan menggunakan suara. Bahkan dalam dunia yang sudah maju ini. Banyak orang menggunakan suara indahnya untuk promosi di media sosial. Pastinya bisa menggiring konsumen untuk memiliki produk yang ditawarkan. Sehingga tips agar suara jadi bagus bisa diterapkan.

Related Posts

Posting Komentar