Catatan Aenul Yakin

Berpelesir ke Pantai Batulayar Lombok

1 komentar
pantai batulayar lombok
A : Beb mau ke pantai pagi ini gak?
B : Mauuuu, pantai mana tapi.
A: Ke Batulayar mau?
B : Mau Banget.
A: Yuk berangkat
B : Oke..

Itulah percakapan saya dengan si doi sebelum berangkat ke Pantai Batulayar Lombok untuk menikmati suasana pagi hari disana.

Yah mungkin bagi kita pelesiran ke suatu tempat merupakan kebiasaan meskipun belum dikatakan sering, namun karena minat dan hobi traveling adalah komitmen bersama, apapun tempat yang kita anggap bagus siap untuk didatangi. Pastinya anda yang hobby traveling punya komitmen yang sama bukan?, udah,, jangan ngeles lagi, bilang aja iya hehe.

Tau gak sobat kalau pantai Batulayar Lombok merupakan tempat wisata yang biasa dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin menikmati ke exsotican pantainya yang biru.

Ternyata tempat ini bukan saja terkenal dengan namanya yang telah melekat pada masyarakat Lombok, namun di tempat ini sangat cocok menikmati canda ria bersama keluarga loh.

Mungkin bagi anda yang pernah berkunjung ke tempat ini, sudahkah kah anda mengajak teman, kerabat atau keluarga anda?. Sayang sekali kalau belum, tempat ini sangat luar biasa sekalipun belum dikatakan beautifull place, tapi dengan mengajak si doi atau keluarga akan menjadikannya lebih indah. Benar kan? Hehehe..

Itulah sekilas tentang pantai Batulayar Lombok. Okey lanjut yah.

Suasana Pantai Batulayar di Pagi Hari


Tahukah anda kalau pantai Batulayar ini memiliki banyak keunikan tersendiri dibandingkan tempat lain, yah sekalipun di masa pandemi ini pengunjung sepi, tapi keindahan pantainya tidak dapat diubah oleh siapapun.

Beberapa keunikan dari pantai Batulayar ini seperti kesejukan pantainya, pengunjung , aktivitas nelayan dan lain-lain.

Kesejukan Pantai

pantai yang sejuk
Siapa sih yang tidak suka dengan pantai Batulayar ini, dengan suasana yang begitu adem, pantainya yang biru, pepohonan dengan dedaunannya yang lebat serta memandang bukit yang memanjakan mata anda pastinya membuat anda betah dan tak ingin pulang.

Berangkat pagi merupakan waktu yang tepat dalam menikmati kesejukan pantai ini, namun jika anda lebih memilih untuk berpose dengan sunset nya, sore hari waktu yang tepat untuk berpotret dengan style yang anda inginkan, akan sangat leluasa mata memandang matahari sebelum terbenam.

Apalagi tempat ini sudah dipersiapkan tempat untuk menikmati hidangan yang anda bawa dari rumah, bahkan ada juga beberapa tempat berjualan tersedia di tempat tersebut, jadi bila lupa bawa makanan dari rumah, anda bisa langsung memesan minuman segar dan snack yang dapat menemani dalam menikmati suasana pantai Batulayar ini.

Pengunjung Pantai

Awalnya kita gak ada rencana sama sekali sama si doi untuk berkunjung di tempat ini, intinya jalan-jalan sudah menikmati suasana sejuknya pagi hari, tapi lama-lama kok terlintas dalam pikiran saya untuk mengajaknya kesana, hehe.

Bagi saya ini baru pertama kali saya kesini loh, padahal kalau tempat lain yang berada di sekitarnya sudah dikunjungi semua. Tapi entah kenapa hari ini terlintas hati ingin kesini, mungkin karena ada si doi kali yah hehe.

Oky lanjut, pantai ini terlihat sepi kunjungan sobat, mungkin pengaruh kondisi pandemi saat ini rata-rata wisata semua yang ada di Lombok sebagian di tutup dan sebagian tidak. Sehingga kunjungan pagi tadi terlihat hanya beberapa pengunjung lokal saja termasuk para pedagang.

Untungnya tempat tersebut tidak ditutup oleh pemerintah, kalau di tutup kan kasihan para pedagang dan pantai tersebut terlihat sepi dan tidak berpenghuni.

Aktivitas Nelayan

Kepulangan nelayan
Jarang-jarang saya melihat adanya aktivitas nelayan di setiap pantai yang saya kunjungi, sebut saja misalnya pantai Senggigi saat ini sebelum pandemi, pantai ini paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara yang ingin menikmati keindahan yang tak kalah cantiknya dengan pantai-pantai lainnya. Tempat tersebut sesekali saya belum pernah melihat adanya para nelayan yang sedang melintas di pantai tersebut, bahkan para pemancing di sekitar tersebut tak pernah terlihat. Berbeda dengan pantai Batulayar, setiap kali menginjakan kaki di tempat tersebut, mata anda pasti tidak akan terlewatkan dengan kapal-kapal para nelayan yang melintas di depan anda.

Pagi hari waktunya nelayan pulang dari berlayar. Akan ada pemandangan para nelayan bergotong royong menarik tambang jala yang sudah dipasang jauh di laut sana. Paling tidak ada lebih dari lima orang yang menarik tambang. Orang yang membantu tidak perlu dipanggil, siapa pun yang sedang tidak ada kegiatan langsung saja membantu.

Lokasi Pantai

nelayan batulayar
Pantai Batulayar pagi tadi merupakan tempat pilihan saya dengan si doi karena lokasi tempat tersebut dekat dengan tempat tinggal, kalau dihitung berdasarkan google map kemungkinan jarak dari rumah ke pantai tersebut sekitar 15 menit lah sampai tujuan. Namun kalau dari pusat kota yaitu Mataram ke lokasi tujuan kemungkinan bisa sampai setengah jam jarak tempuhnya. Lama gak?, bagi saya tidak ada kata lama jika ada komitmen hehe.

Tapi ingat jangan hanya karena jarak jauh lalu anda tidak bawa bekal apa-apa, anda bisa mati loh di perjalanan, usahakan bawa botol minum, roti atau snack lainnya jadi bekal perjalanan.

Pantai Batulayar terletak di kabupaten Lombok Barat, merupakan rangkaian pantai yang memanjang hingga kabupaten Lombok Utara. Sebenarnya setiap pantai di Lombok yang membedakan hanya nama daerahnya. Sebelum sampai ke Batulayar bisa singgah ke pantai Batu Bolong, karena ada pura dengan nama yang sama.

Namun, setiap pantai memiliki kelebihan masing-masing. Seperti pantai Batulayar yang memiliki pepohonan rindang sehingga membuat nyaman untuk bersantai. Duduk menghadap laut luas dan menikmati sejuknya angin.

Related Posts

1 komentar

  1. Pemandangan lautnya indah pak..
    Biru laut..menyejukkan mata..

    BalasHapus

Posting Komentar