Catatan Aenul Yakin

Manfaat Content Plan Blog, Pengertian dan Cara Membuatnya

Posting Komentar
manfaat content plan blog
Siapa yang baru tahu bahwa untuk aktif ngeblog ada content planya? Kalau baru tahu sama banget seperti saya. Suatu hal yang tidak terencana akan berhasil kurang memuaskan apalagi yang terencana pastinya lebih memuaskan. Meski dalam kenyataannya setiap berencana harus menyiapkan hasil yang tidak sesuai. Namun lebih baik membuat rencana daripada tidak sama sekali. Agar lebih semangat mengerjakannya perlu diketahui manfaat content plan blog untuk blogger

Sebelum membahas tentang manfaat content plan blog alangkah baiknya mengenal content plan blog secara mendalam. Agar nantinya pengerjaan content plannya lebih jelas dan terukur targetnya.

Pengertian Content Plan Blog


Disadur dari materi Blogspedia Coaching content plan itu berisi perencanaan postingan blog yang dilakukan secara berkala, dari berapa banyak artikel yang diposting dalam sehari, sepekan, sebulan, sampai setahun.


Isi dari content plan mencakup pencapaian blog dalam kurun waktu tertentu paling lama dalam setahun. Tema tulisan yang akan diunggah, keyword yang akan digunakan, waktu posting, dan outline tulisan.

Media Content Plan Blog


Ada tiga media yang bisa dilakukan untuk membuat rencana konten blog, yaitu:

  • Dengan cara manual yang bisa dilakukan dalam buku jurnal. Atau buku catatan khusus yang ditulis dengan tangan. Ini cocok untuk orang-orang yang suka mendesain, memberikan warna warni dalam kertas, dan lebih senang menulis di buku.
  • Kedua printable/freebies, cara ini setengah manual karena hanya menuliskan rencana yang ingin dilakukan. Bentuk kertasnya sudah memiliki desain sendiri. Caranya dengan mencari di internet bentuk content plan yang kemudian di print. Atau jika tidak mau di print bisa disimpan bentuk softfile tinggal edit saja.
  • Ketiga berbentuk digital, contohnya menggunakan bantuan microsoft excel. Bisa juga menggunakan aplikasi tertentu yang mudah digunakan untuk utak atik catatan perencanaan.

Jadi pilihlah yang akan memudahkan perencanaan dan mudah diakses. Pastinya yang membuat nyaman dan semangat untuk aktif ngeblog.

Langkah Membuat Content Plan


Tahapan membuat perencaan konten blog dari setahun hingga harian.

Perencanaan Tahunan


Pertama tentukan target selama setahun ingin seperti apa. Misalnya meningkatkan pengujung blog, DA/PA naik, banyak job yang didapatkan atau menjadi pemenang dalam perlombaan. Kemudian mencari cara untuk bisa menggapai target tersebut. Terutama bagi blogger pemula seperti saya sebaiknya mencari kelas-kelas blog yang bisa meningkatkan ilmu blogging. Mencari informasi perlombaan dan bergabung dalam komunitas blog.

Perencanaan Bulanan


Tahapan kedua merencanakan perbulan. Poin yang diperlukan mulai dari ada hari besar apa saja di bulan tersebut, berapa jumlah tulisan yang akan diposting, dan menentukan per berapa hari update blog. Misalnya dua hari sekali atau tiga hari sekali.

Perencanaan Mingguan


Menentukan hari apa unggah artikel dan mencari tema sekaligus referensinya. Jika ada lomba blog dalam pekan tersebut, membuat jadwal mencari referensi dan mengunggah sebelum tenggat waktu.

Perencanaan Harian


Untuk perencanaan harian adalah eksekusi tema, keyword, sumber tulisan, dan unggah di blog.

Manfaat Content Plan Blog

Manfaat content plan
Setelah mengetahui cara-cara membuat perencanaan dari tahunan hingga harian, saatnya mengetahui manfaat dari itu semua.

1. Blog Tidak Terbengkalai


Adanya sistem perencanaan yang matang maka blog tidak menjadi sarang laba-laba. Karena sudah ada jadwal yang direncanakan untuk terus update tulisan.

2. Waktu Menjadi Efektif


Adanya content plan lebih mengurangi waktu terbuang sia-sia karena bingung mau unggah tulisan tentang apa. Jika sudah ada rencana dari yang besar hingga kecil, waktu lebih termanfaatkan karena sudah terarah harus menulis apa.

3. Banyak Pilihan Ide


Tidak dipungkiri dalam melaksanakan rencana ada yang berubah. Akan tetapi lebih baik ada ide yang sudah ditulis banyak sehingga jika ada perubahan itu tidak masalah. Ide yang sudah direncanakan dan diganti ide baru bisa dijadikan bank ide.

4. Konten Lebih Seimbang


Dalam blog pastinya ada lebih dari satu kategori/label. Jika menggunakan content plan maka bisa menyeimbangkan unggahan terbaru tiap kategori. Lebih terjadwal kapan setiap kategori diperbarui.

Agar tidak ada kategori yang sedikit tulisannya. Biar semuanya saling terisi. Memiliki beberapa kategori sebenarnya membantu untuk tidak bosan dengan satu tema saja.

5. Melatih Disiplin Waktu


Disiplin menulis sesuai waktu yang sudah ditentukan akan menjadi latihan pembiasaan. Hal ini bisa membuat diri lebih disiplin mengatur waktu antara urusan blog dan kegiatan lainnya.

Harapan Blog Catatan Aenul Yakin 2021


Content plan membantu saya untuk menentukan harapan apa yang diinginkan dari blog ini. Saya berharap dalam tahun 2021 bisa :

  • Konsisten ngeblog
  • Belajar lagi tentang blogging
  • Memahami google adsense
  • Belajar menulis yang enak dibaca orang lain.
  • Belajar menaikan DA/PA blog.

Itulah beberapa tujuan tahun ini agar memberikan semangat kepada saya. Setelah belajar, saya menyadari bahwa untuk menjadi blog profesional dan bisa menghasilkan tidak semudah membalikan telapak tangan. Sehingga saya ingin belajar yang konsisten agar tahun-tahun berikutnya bisa memanen hasil pembelajaran yang didapatkan.

harapan blog catatan aenul yakin

Planning ODOP Catatan Aenul Yakin untuk Blogspedia


Sebagai tugas akhir dari kelas blogging blogspedia harus menulis dalam sepekan penuh dengan tema yang sudah ditentukan oleh diri sendiri. Inilah rencana kategori untuk tulisan selama sepekan, yaitu:

  • Senin – kategori buku
  • Selasa – kategori health
  • Rabu – kategori hiburan
  • Kamis- kategori traveling
  • Jumat – kategori tekno

Semoga saya bisa konsisten dengan apa yang telah direncanakan. Semoga saya juga bisa konsisten mencari kelas-kelas blogging selanjutnya. Tulisan ini semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman yang membaca. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan dalam menjelaskan poin-poin tentang manfaat content blog plan.

Related Posts

Posting Komentar