Catatan Aenul Yakin

Tutorial Membuat Blog Untuk Pemula Gratis

tutorial membuat blog

Nah kali ini saya akan memberikan tutorial membuat blog untuk pemula tanpa harus bayar sepeserpun. Kenapa sih harus blog?. Banyak sekali manfaat untuk ngeblog salah satunya bisa jadi bahan sharing hal-hal yang bermanfaat. Selain itu, bisa mendapatkan uang baik dari kantor, rumah, sekolah bahkan dimanasaja.

Pernah saya dengar cerita pengalaman seseorang, bahwasanya banyak yang dapat penghasilan hanya melalui blog. Bahkan ada penghasilannya mencapai puluhan juta. Wow, benar-benar amazing ya, padahal hanya sekedar nulis saja melalui blog penghasilan bisa lebih dari pegawai Negeri Sipil.

Gimana, tertarik gak? Pasti tertarik lah. Hehe.

Perlu diketahui biasanya untuk mendapatkan penghasilan banyak itu gak langsung instan ya, harus mengikuti proses dulu, kuncinya ada blog dan konsisten menulis setiap hari.

Tapi jangan jadikan ngeblog itu penghasilan sebagai tujuan utama ya, tapi niatkanlah untuk sharing hal-hal positif untuk orang lain.

Biasanya bagi yang belum tahu sama sekali tentang blog, banyak yang bertanya apa sih blog itu?. Sebelum masuk ke tutorial, disini saya akan kasih tau blog itu apa.

Pengertian Blog


Blog itu apa sih?. Blog adalah sebuah website yang biasanya berisi konten tulisan yang diposting dalam sebuah halaman web.

Dari pengetian mungkin ada yang bertanya, bedanya blog sama web itu apa ya?. pertanyaan ini berarti sama dengan pertanyaan “perbedaan bayam sama sayur?”.

Artinya blog sama website itu satu kesatuan, apabila sudah membuat dengan tutorial ini, artinya sudah membuat website. Paham kan?

Mungkin ada yang bertanya lagi, kira-kira kenapa ya saya harus mulai dengan blog?

Memulai dengan blog adalah tujuan penulis untuk melampiaskan ide, gagasannya dengan menentukan tema yang disukai. Bagi setiap orang yang telah mulai ngeblog bisa menentukan tema yang disukainya secara general atau umum, tapi bisa juga secara khusus tergantung pengguna blog itu sendiri.

Ingat tapi ya, kalau sudah buat blog, jangan sampai digunakan untuk menebar kebencian atau menyebarkan berita hoax gih? Hehe.

Kira-kira kalau membuat blog itu bagusnya lewat media atau website apa ya?

Nah, perlu diingat, jangan asal buat blog ya, sekarang ini banyak sekali platform atau website yang telah tersedia yang bisa dijadikan untuk ngeblog. Mau tahu apa saja websitenya? Simak dibawah ini.

Platform Membuat Blog


Disini saya akan ngasih tau website membuat blog itu apa saja. Secara umu, ada beberapa platform yang telah tersedia di web yang dapat digunakan untuk negblog . mau tahu?, mau dong hehe.

Platform ini biasanya digunakan oleh setiap orang untuk ngeblog sesuai dengan kenyamanannya sendiri, dari setiap platform ini mungkin beberapa ada yang berbayar dan ada yang gratis.

Berikut 12 platform yang digunakan untuk membuat blog

1. Wordpress dot com
2. Medium dot com
3. Penzu dot com
4. Webs dot com
5. Weebly dot com
6. Wix dot com
7. Blogger dot com
8. Postach dot io
9. Pen dot io
10. Tumblr dot com
11. Livejurnal dot com
12. Ghost dot org

Itulah beberapa platform yang biasanya digunakan untuk membuat blog. Gimana, Bingungkan mau pilih yang mana?. Hehe..

Ngapain harus bingung, disini saya akan kasih tau platform yang simple, mudah pastinya cepat untuk dimengerti yaitu platform blogger/blogspot.

Baik, kita langsung saja ke tutorial membuat blog menggunakan blogspot atau blogger berdasarkan video di youtube yang telah saya tonton.

Tutorial Membuat Blog dengan Blogspot


Sudah tau blogspot belum?, blogspot itu merupakan salah satu platform atau website yang digunakan untuk ngeblog bagi setiap orang. Alamat websitenya www.blogger.com. Website ini tentunya gratis ya tanpa harus berbayar. Bahkan saya juga menggunakan platform ini loh untuk ngeblog, simple dan tentunya nyaman di pakai.

cara membuat blog dengan blogger
Kita langsung saja ke tutorial membuat blog menggunakan blogspot.

1. Siapkan email yang aktif yang biasa dipakai
Kenapa harus email?. Untuk membuat blog menggunakan blogspot memang diharuskan memiliki email.

2. Silahkan buka google search, buka pencarian dan klik blogger.
Setelah mengklik blogger nanti akan muncul tampilan awal blogger berwarna orange.
Didalam tampilan tersebut ada kata
- Login (masuk) di sebelah pojok kanan
- Create your blog (buat blog) di tengah tampilan

3. Silahkan klik create your blog atau buat blog
Perlu diperhatikan, terkadang di tampilan awal blogger menggunakan bahasa yang berbeda, terkadang Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Tapi tergantung dari settingan laptop atau Hp.

4. Setelah mengklik create your blog atau buat blog maka akan muncul tampilan Choose an account.
Disitu akan disuruh untuk memilih akun yang telah tersedia atau email yang akan digunakan untuk membuat blog. Silahkan klik email yang akan digunakan lalu masukan kata sandi email yang telah dibuat.

5. Setelah itu, klik next atau berikutnya.
Setelah klik next, maka muncul tampilan “pilih nama untuk blog anda”. Dibawahnya ada kata judul yang harus diisi. Isilah sesuai judul yang diinginkan misalnya nama sendiri “Aenul Yakin” atau bisa juga nama singkatan misalnya “Aenul HRD”.

6. Jika sudah, maka next atau berikutnya.
Akan muncul tampilan “Pilih URL untuk blog anda”. Dibawahnya ada kat alamat yang harus diisi. Alamat yang diisi itu akan menjadi URL atau link yang akan mengantarkan ke laman blog sendiri. Isilah sesuai dengan judul yang telah dibuat sebelumnya, atau bisa juga ditambahkan dengan nama lain misalnya “aenulyakin.blogspot.com” atau “aenulhrd.blogspot.com”. apabila URL tidak tersedia, maka lakukan alamat yang lain.

7. Silahkan klik next atau berikutnya.
Akan muncul tampilan “konfirmasi nama tampilan anda”. Dibawahnya ada kata nama yang ditampilkan. Isilah sesuai nama yang akan ditampilkan di blognya. Sebaiknya isi nama pribadi ya, kalau misalnya blog dibuat untuk pribadi misalnya “Aenul Yakin”.

8. Silahkan klik selesai.

Oke, blognya sudah jadi, disitu akan muncul tampilan menu-menu atau icon-icon dari blognya.

Tutorial lebih lengkapnya di channel youtube Wahyu JTS dengan judul Cara Membuat Blog untuk Pemula Terbaru 2021.

Perlu diketahui, jikalau sudah membuat blog artinya sudah siap untuk konsisten menulis agar makin banyak pengunjung dari tulisan yang telah dibuat. Tapi buat konten yang menarik dan bermanfaat yah, jangan berita negatif atau hoax hehe. Semoga tutorial membuat blog ini bermanfaat untuk teman-teman.

Related Posts

Posting Komentar