Catatan Aenul Yakin

Gramatikal Solusi Terbaik dalam Penulisan Naskah Berita

Posting Komentar

Gramatikal adalah tata bahasa yang di gunakan dalam sebuah tulisan. Untuk membuat suatu naskah berita menarik sebaiknya paham tata cara penulisannya khususnya dalam memperhatikan gramatikalnya. Hal ini akan mempermudah dalam pembuatan naskah berita yang baik dan benar.

Selain gramatikal ada hal-hal yang perlu diperhatikan misalnya:
Pilihan kata (diksi), kalimat yang bagus akan membuat tulisan semakin menarik, hal ini akan memicu simpati para pembaca. Selain itu aturan penulisan akan sesuai dengan kaidahnya.
Banyak penulis memandang sebelah mata soal gramatikal penulisan sebuah berita atau naskah lainnya seperti cerpen, novel, puisi dll. Padahal itu sangat besar pengaruhnya, bahkan tulisan tersebut tidak layak dibaca oleh setiap orang karena tulisan tersebut ambigu alias tidak sesuai dengan aturan dan tata bahasa yang baik dan benar.
Namun, jika sebaliknya tulisan tersebut tersusun rapi dan sesuai aturan maka pembaca akan semakin enak dan menikmati.
Maka dari itu, agar terhindar dari cemohan dan tidak kelayakan di baca khalayak dari tulisan yang sudah dibuat. baik itu News, novel, cerpen, puisi dll. Perhatikan kaidah penulisanya khususnya tentang gramatikalnya karena ini akan membuat naskah berita semakin baik dan benar.***


Related Posts

Posting Komentar